Thursday, April 17, 2008

Boneka Flanel

Tiga hari yang lalu seorang teman kantor saya bertanya, apakah saya memiliki buku untuk membuat boneka dari kain flanel, karena ternyata kakaknya sedang tertarik untuk belajar membuat boneka dari kain flanel. Malam harinya, saya membongkar lemari dan mencari-cari buku tersebut. Dan saya kembali menemukan tumpukan kain-kain flanel, benang-benang sulam dan perlengkapan lainnya.

Saya jadi teringat kira-kira sekitar 7 tahun yang lalu ketika saya sedang senang-senangnya membuat boneka dari kain flanel. Dan ketika itu, rekan saya menawarkan saya untuk mensuplai boneka-boneka tersebut pada pameran yang diadakan di gereja dalam rangka Natal. Maka saya pun waktu itu membuat berbagai boneka flanel baik dengan tema-tema Natal mau pun bukan. Dan menyenangkan rasanya mendapat penghasilan dari hasil karya sendiri.
Dan saya teringat, waktu itu sedang ramai-ramainya karakter tokoh kartun anak Sin-Chan, sehingga ada yang meminta saya membuatkan boneka Sin-Chan dengan berbagai kostum..termasuk Sin-Chan yang hanya mengenakan celana pendek merah bertotol-totol putih…(hahaha)
Fiuuuhhh…..jadi pengen membuat boneka flanel lagi deh rasanya.
Kesulitan waktu yang menghalangi.

Namun sungguh, bagi rekan-rekan yang ingin mendalami dan berkarya melalui boneka flanel, hobby ini tidak hanya sekedar hobby bila ditekuni, tapi dapat dijadikan usaha rumahan.
Atau boneka ini bisa dijadikan souvenir bagi teman.
Saya pernah membuat 1 set boneka flanel, dan kemudian, saya susun dan letakkan di atas tripleks yang sudah dilapisi kertas hias, lalu saya buatkan kotak kaca….dan hoplaaa…jadilah seperti yang terlihat pada foto yang saya pasang, dan saya berikan pada salah satu teman kantor saya di hari farewell-nya.

Bagi rekan-rekan yang sedang kerajingan membuat boneka flanel….hayooo semangat.

No comments: