Saturday, November 29, 2008

T-DAY


Hari Thanksgiving (T-Day) dirayakan dibeberapa negara dengan latar belakang yang berbeda dan tanggal yang berbeda. Di Canada, dirayakan setiap 2nd Monday in October (jatuh pada tanggal 13 Oktober 2008), sedangkan di US, dirayakan setiap 4th Thursday in November (U.S.) 2008 yang jatuh pada tanggal 27 November 2008 .

Menurut dari Wikipedia, Tradisi merayakan Thanksgiving dengan makan bersama dimulai di Amerika pada tahun 1621. Kaum pilgrim yang bermukim di Plymouth Massachusetts mengadakan pesta makan bersama penduduk asli Amerika suku Wampanoag. Tradisi pesta makan Thanksgiving berlanjut hingga sekarang dan disebut "makan malam Thanksgiving" dengan menu utama berupa kalkun. Untuk lengkapnya silahkan baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pengucapan_Syukur atau http://en.wikipedia.org/wiki/Thanksgiving .

Apapun sejarahnya dan tanggal berapapun perayaannya, tidaklah menjadi point utama bagi saya. Yang jelas, hari ini, saya benar-benar mengucap syukur, berterima kasih pada Tuhan, karena sekali lagi, Dia membuktikan bahwa sesuatu yang tampak mustahil, tidaklah menjadi mustahil bagi Dia.

Yup...hasil ujian Sertifikasi yang saya cemaskan sudah keluar. Malam tadi, ketika saya sedang bertemu dengan 2 orang teman saya, tiba-tiba ada SMS masuk ke HP saya. Ternyata dari rekan kantor saya, yang merupakan koordinator ujian Sertifikasi. Beliau mengabarkan bahwa hasil ujian Nasional tersebut sudah keluar. Saya heran, karena lebih cepat dari jadwal semula, tgl 29 November 2008. Kemudian saya membalas SMS dan meminta format SMS untuk menanyakan nilai. Maklum, jaman sekarang ini, pemanfaatan SMS sudah sangat meluas. Termasuk penggunaan SMS sebagai sarana mengakses nilai ujian dari Badan Sertiikasi Nasional ini. 

Ketik SMS = xxxx [spasi] nilai [spasi] nomer id, kirim ke 6768

Dengan cepat saya segera mengirimkan SMS dengan format tersebut.
Tak lama kemudian, masuk SMS balasan,

“Maaf, layanan utk sementara tidak dapat digunakan”.

Halah...halah...Saya berpikir, ini sebenernya error atau memang belum tersedia informasinya.
Saya tidak mencoba mengirim ulang SMS, karena saya pikir, ya sudah besok saja.
Namun 2 menit kemudian ada SMS masuk lagi.

“Nomer ID Anda XXXXXXXXXXX. Nilai Anda pada pelaksanaan ujian tanggal 15 November 2008 Tingkat 2 adalah XX”

Wah....Puji Tuhan. Saya lulus.
Dari 50 soal, ternyata 2 soal salah. Amazing rasanya kalau membayangkan persiapan yang saya lakukan. Saya jadi teringat kata-kata seorang sahabat saya, “Kamu sudah mengusahakan yang terbaik dari kamu, berdoa saja, karena tidak ada yang mustahil bagi Tuhan”.

Saya jadi ingin menyanyikan lagu lama berjudul Pelangi Kasih,

Apa yang kau alami kini
Mungkin tak dapat engkau mengerti
Satu hal tanamkan di hati
Indah semua yang Tuhan b’ri

Tuhan-mu tak akan memberi
Ular beracun pada yang minta roti
Cobaan yang engkau alami
Tak melebihi kekuatanmu

Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang agung mulia
Saatnya kan tiba nanti
Kau lihat pelangi kasih-Nya

Saya tertegur, seringkali, saya lupa untuk mengucap syukur dan lupa untuk berserah pada Tuhan, terutama ketika kejadian yang tidak mengenakkan terjadi. Padahal, seringkali dalam banyak hal Tuhan memperlihatkan pelangi kasih-Nya, tak pernah berhenti, bahkan sehabis “hujan”, pelangi kasih-Nya tampak begitu indah.

No comments: